Rabobank resmikan cabang di Surabaya: Siap dukung sektor pangan dan agrisbisnis

SURABAYA, 20 JANUARI 2016 – Rabobank Indonesia (PT. Bank Rabobank International Indonesia) meresmikan Kantor Cabang Surabaya Panglima Sudirman pada tanggal 20 Januari 2016. Peresmian dilakukan di kantor cabang yang berlokasi strategis di Jl. Panglima Sudirman No. 51, Surabaya. Sejalan dengan strategi Rabobank Indonesia untuk fokus di kepada sektor pangan dan agribisnis, Kantor Cabang Surabaya Panglima Sudirman akan mendukung pengembangan sektor ini di Surabaya dan Jawa Timur.

Martyn H. Schouten, Presiden Direktur Rabobank Indonesia mengatakan bahwa secara global Rabobank yang berkantor pusat di Belanda dikenal sebagai salah satu bank yang memimpin dalam sektor pangan dan agribisnis. “Rabobank secara global adalah bank yang memimpin dalam pembiayaan sektor pangan dan agribisnis karena keahlian serta pengalaman yang telah terhimpun 118 tahun dalam bidang ini”, katanya. “Sejalan dengan visi globalnya yaitu Banking for Food, Rabobank turut berperan aktif dalam menjawab tantangan dunia untuk menyediakan cukup pangan untuk penduduk dunia yang terus bertambah”, lanjutnya.
Hal ini dilakukan dengan menyediakan akses dana, akses pengetahuan mengenai pangan dan agribisnis, dan akses kepada jaringan Rabobank di 41 negara.

Diperkirakan bahwa penduduk dunia akan bertambah dari 7 miliar saat ini menjadi sekitar 9 miliar pada tahun 2050. Di Indonesia diproyeksikan bahwa penduduk akan bertambah dari 238 juta orang saat ini menjadi 330 juta orang tahun 2050.

Rabobank Indonesia Business Banking Director Jopie Jusuf mengatakan bahwa Surabaya dan Jawa Timur adalah area yang sangat penting bagi pertumbuhan Rabobank Indonesia yang memiliki strategi untuk tumbuh dengan fokus kepada sektor pangan dan agribisnis. “Jawa Timur memiliki PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) terbesar kedua setelah DKI Jakarta di mana sektor pangan dan agribisnis merupakan kontributor terbesar. Jawa Timur juga adalah penghasil padi, jagung, tebu terbesar selain juga memiliki sapi perah terbanyak”, katanya. “Ini merupakan peluang besar bagi Rabobank Indonesia yang dapat membiayai seluruh rantai pasok dari ladang hingga menjadi hidangan dan memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan”, lanjutnya.

Rabobank Indonesia dapat melayani seluruh rantai pasok pangan dan agribisnis karena memiliki Wholesale Banking (perbankan korporasi) yang melayani perusahaan besar, Business Banking yang melayani perusahaan kecil dan menengah, serta Rabobank Foundation yang memberikan akses finansial kepada petani dan peternak anggota koperasi.

Propinsi Jawa Timur dengan kontribusi PDB (Produk Domestik Bruto) nasional 14% adalah kontributor PDB kedua terbesar setelah DKI Jakarta. Sektor pangan dan agribisnis yang memberikan kontribusi 20,79% dari PDRB Jawa Timur merupakan kontributor terbesar yang disusul manufaktur (16,85%) dan grosir/ritel (15,5%). Lebih jauh lagi, Jawa Timur adalah produsen terbesar di Indonesia untuk padi (17,5%), jagung (30,2%), tebu (48,9%) dan memiliki jumlah sapi perah terbanyak (49%).

Rabobank Indonesia yang di Jawa Timur memiliki kantor cabang di Surabaya, Malang dan Jember hadir untuk mendukung pengusaha yang bergerak dalam sektor pangan dan agribisnis serta rantai pasoknya agar dapat terus mengembangkan bisnisnya dan mendukung sektor ini.

Adalah aspirasi Rabobank Indonesia untuk menjadi bank pangan dan agribisnis terdepan di Indonesia. Ini mendapatkan dukungan penuh dari Rabobank Group, perusahaan induknya di Belanda, yang telah menyuntikkan modal USD35 juta pada bulan Mei 2015 dan USD26 juta lagi pada bulan Desember 2015.

Head Office

Telephone
+62 21 3002 1888

Office Address
Noble House, 31-32 Floor
Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung
Kav. E 4.2 No.2
Jakarta 12950 - Indonesia

Business hours: Monday - Friday, 08:00 am - 5:00 pm