Rabobank Indonesia Cabang Malang Siap Dukung Sektor Pangan dan Agribisnis

MALANG, 20 SEPTEMBER 2016 – Rabobank Indonesia (PT. Bank Rabobank International Indonesia) meresmikan Kantor Cabang Malang Semeru pada tanggal 20 September 2016. Peresmian dilakukan di kantor cabang yang berlokasi di kawasan strategis Jl. Semeru 52, Malang. Sejalan dengan strategi Rabobank Indonesia untuk fokus kepada sektor pangan dan agribisnis dalam mengembangkan bisnisnya, Kantor Cabang Malang Semeru akan mendukung pengembangan sektor ini di Malang dan Jawa Timur dengan memberikan akses dana, akses pengetahuan, serta akses kepada jaringan Rabobank kepada pengusaha-pengusaha yang bergerak dalam sektor ini.

Jopie Jusuf, Director Business Banking Rabobank Indonesia, mengatakan bahwa secara global Rabobank yang berkantor pusat di Belanda adalah salah satu bank terdepan untuk sektor pangan dan agribisnis. “Rabobank secara global adalah salah satu bank yang memimpin dalam pembiayaan sektor pangan dan agribisnis dengan keahlian serta pengalaman yang terhimpun selama 118 tahun dalam bidang ini,” katanya.

Diperkirakan bahwa penduduk dunia akan bertambah dari 7 miliar saat ini menjadi sekitar 9 miliar pada tahun 2050. Di Indonesia pada periode yang sama diproyeksikan bahwa penduduk akan bertambah dari sekitar 240 juta menjadi 330 juta orang. Karena itu Indonesia dan dunia dihadapkan pada tantangan untuk menyediakan cukup pangan bagi penduduk yang terus bertambah padahal lahan pertanian semakin berkurang. “Banking for Food adalah visi global Rabobank untuk turut berperan aktif dalam menjawab tantangan dunia untuk menyediakan cukup pangan bagi penduduk yang terus bertambah. Banking for Food juga menjadi strategi pertumbuhan Rabobank Indonesia untuk fokus kepada sektor pangan dan agribisnis dan menyediakan akses dana, akses pengetahuan, serta akses kepada jaringan Rabobank di 40 negara,” lanjutnya.

Jopie Jusuf juga melihat adanya peluang bisnis yang sangat baik di Malang dan Jawa Timur. “Propinsi Jawa Timur adalah penghasil padi, jagung, ayam potong, sapi potong dan budidaya hasil laut terbesar di Indonesia dan memiliki PDRB terbesar ke dua setelah Jakarta. Ini merupakan peluang bisnis yang baik bagi Rabobank Indonesia yang dapat membiayai seluruh rantai pasok pangan dan agribisnis mulai dari ladang hingga menjadi hidangan atau from farm to fork.” Jawa Timur menghasilkan 41,3% ikan hasil budidaya laut di Indonesia, 32,0% jagung, 17,4% padi, 12,4% ayam potong, dan 7,9% sapi potong. Sektor pangan dan agribisnis memberikan kontribusi sebesar 23,0% dari PDRB di Jawa Timur dan merupakan kontributor terbesar ke dua setelah perdagangan yang memberikan kontribusi 25,1%. Sektor lain dengan kontribusi signifikan adalah restoran (5,7%) dan transportasi (3,6%).

Di Jawa Timur, Rabobank Indonesia memiliki cabang di Surabaya, Malang, dan Jember. Rabobank Indonesia dapat mendanai seluruh rantai pasok pangan dan agribisnis karena memiliki perbankan korporasi yang melayani perusahaan besar, dan perbankan bisnis yang melayani perusahaan kecil dan menengah. Rabobank juga memiliki Rabo Foundation yang memberikan akses dana dan bantuan teknis kepada para petani dan peternak yang tergabung dalam koperasi.

Rabobank Indonesia beraspirasi menjadi bank pangan dan agribisnis terdepan di Indonesia melalui implementasi strategi pertumbuhan Banking for Food. Strategi pertumbuhan Banking for Food didukung penuh oleh Rabobank Group yang telah menyuntikkan modal USD 61 juta pada tahun 2015.

Head Office

Telephone
+62 21 3002 1888

Office Address
Noble House, 31-32 Floor
Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung
Kav. E 4.2 No.2
Jakarta 12950 - Indonesia

Business hours: Monday - Friday, 08:00 am - 5:00 pm