Top of this document
Go directly to page content

Pernyataan Privasi

About Rabobank Group

Rabobank Indonesia memproses data pribadi. Kami ingin memberikan informasi mengenai hal ini secara jelas dan transparan. Pernyataan privasi ini akan menjawab pertanyaan terpenting Anda mengenai pemrosesan data pribadi yang dilakukan oleh Rabobank.
 

Terdapat beberapa istilah yang digunakan di dalam Privacy Statement ini. Berikut penjelasan dari istilah dimaksud:

  • Data Pribadi

     

    Data yang secara langsung maupun tidak langsung menggambarkan jati diri seseorang, seperti nama, alamat, termasuk penghasilan Anda.

  • Pemrosesan

     

    Setiap tindakan yang dapat dilakukan berkaitan dengan data pribadi. Hal ini termasuk pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, dan penghapusan data pribadi Anda dari catatan kami.

1. Data pribadi siapa saja yang diproses oleh Rabobank?

Kami memproses data pribadi seseorang yang memiliki hubungan atau akan memiliki hubungan dengan Rabobank baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini termasuk data pribadi dari:

  • Nasabah dan perwakilannya;
  • Pihak-pihak yang menunjukkan ketertarikannya atas produk dan/atau layanan Rabobank;atau
  • Pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis atau organisasi nasabah maupun calon nasabah Rabobank

Agar diperhatikan bahwa setiap bisnis atau organisasi yang memberikan data pribadi dari karyawannya kepada Rabobank, memiliki kewajiban untuk memberikan informasi mengenai hal ini kepada karyawannya agar mereka dapat juga mengetahui bagaimana Rabobank memperlakukan data pribadinya.

 

Untuk melindungi kepentingan Anda dan Rabobank, kami juga dapat memproses data pribadi dari pihak ketiga. Kami dapat melakukan hal tersebut untuk tujuan fraud control.

2. Siapa pihak yang bertanggung jawab terhadap pemrosesan data pribadi?

Seluruh divisi yang ada di Rabobank Indonesia memproses data pribadi. Jika Anda ingin mengetahui pihak yang bertanggung jawab terhadap pemrosesan data pribadi Anda, silakan menghubungi divisi terkait yang memiliki hubungan bisnis dengan Anda.

3. Untuk tujuan apa saja Rabobank memproses data pribadi?

Kami memproses data pribadi untuk beberapa tujuan sebagai berikut:

  1. Untuk memulai hubungan bisnis dengan Anda

     

    Jika Anda ingin menjadi nasabah Rabobank atau Anda berminat untuk memanfaatkan produk dan/atau layanan Rabobank, kami akan meminta data pribadi Anda. Sebagai contoh, kami akan melakukan Customer Due Diligence untuk memutuskan apakah kami dapat menerima Anda sebagai nasabah kami, atau memberikan pinjaman kepada Anda. Kami juga dapat menggunakan data pribadi Anda yang kami dapatkan dari pihak lainnya sebagai tambahan informasi.

  2. Untuk membina hubungan bisnis dan menjalankan perintah Anda

     

    Jika Anda adalah nasabah Rabobank, tentunya kami ingin memberikan pelayanan yang berkualitas. Untuk tujuan tersebut, kami memproses data pribadi Anda. Kami dapat membuat (audio, video dan rekaman percakapan) yang dapat kami jadikan bukti dan pencegahan terhadap tindakan kriminal serta peningkatan kualitas kontrol. Sebagai contoh, kami akan menggunakan nama dan alamat Anda untuk membina hubungan atau menjalankan transaksi sesuai dengan perintah Anda. Kami juga dapat memberitahukan nama Anda kepada pihak ketiga untuk menyelesaikan transaksi pembayaran Anda.

  3. Untuk melindungi kepentingan Anda dan Rabobank

     

    Untuk melindungi kepentingan Anda dan Rabobank serta untuk melindungi keamanan dan integritas sektor keuangan, kami dapat memproses data pribadi Anda. Sebagai contoh, untuk melakukan pencegahan dan investigasi fraud. Untuk tujuan ini, kami dapat berkonsultasi dan menggunakan data pribadi Anda untuk mencatat setiap kejadian fraud dan menjadikanya sistem peringatan untuk sektok keuangan. kami juga dapat mencari informasi lainnya yang berasal dari sumber publik seperti surat kabar dan internet.

  4. Untuk pengembangan dan perbaikan produk dan layanan Rabobank

     

    Untuk dapat senantiasa memberikan pelayanan yang berkualitas, Rabobank secara terus menerus mengembangkan dan memperbaiki kualitas dari produk dan layanannya. Untuk beberapa hal, kami memerlukan data pribadi Anda, sebagai contoh ketika Anda memerlukan informasi lebih lanjut atas produk kami.

  5. Untuk kegiatan promosi dan pemasaran produk Rabobank

     

    Rabobank dapat memproses data pribadi Anda untuk tujuan promosi dan pemasaran produk. Sebagai contoh, untuk menginformasikan Anda tentang produk terbaru kami yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda atau untuk lebih mengantisipasi keinginan Anda. Jika Anda tidak berkenan untuk kami hubungi terkait dengan kegiatan cross selling, harap segara hubungi kami melalui Rabo Access Center (1500080).

  6. Untuk membuat perjanjian dengan para supplier dan nasabah korporasi

     

    Jika Anda memiliki kontak bisnis dengan Rabobank, kami dapat memproses data pribadi Anda. Sebagai contoh untuk memastikan bahwa Anda merupakan authorized person yang ditunjuk mewakili perusahaan dalam melakukan bisnis dengan kami.

  7. Untuk menjalankan kewajiban hukum

     

    Untuk memenuhi ketentuan Undang-undang yang berlaku baik dalam lingkup nasional mamupun internasional, Rabobank dapat memproses data pribadi Anda. Sebagai contoh, ketika diperlukan suatu investigasi dalam hal terdapat pola transaksi yang mencurigakan pada rekening Anda. Selain itu, kami juga perlu memastikan pemilik dana yang sebenarnya (ultimate beneficiary owner) dari perusahaan yang memiliki hubungan bisnis dengan Rabobank.

  8. Untuk tujuan operasional

     

    Sebagai penyedia jasa keuangan, sangatlah penting dan merupakan suatu kebutuhan untuk memiliki pengetahuan yang baik atas hubungan bisnis yang dimiliki oleh nasabahnya. Hal ini termasuk juga informasi mengenai hubungan dengan pihak terkait lainnya yang dapat menimbulkan risiko. Untuk mendapatkan informasi-informasi tersebut, Rabobank memproses data pribadi untuk melakukan penilaian awal sebelum memberikan pinjaman dan untuk menentukan apakah dibutuhkan asuransi untuk menutup risiko tersebut.

  9. Untuk tujuan pengarsipan

     

    Rabobank tidak akan mengumpulkan data pribadi selain untuk memenuhi tujuan-tujuan di atas. Hal ini berarti bahwa Rabobank hanya akan menggunakan data-data tersebut untuk data historis nasabah, data statistik, proses hukum atau tujuan ilmiah lainnya.

4. Apakah Rabobank juga memproses data sensitif?

Data sensitif merupakan data pribadi yang membutuhkan perlakuan khusus, sebagai contoh adalah data yang berhubungan dengan kondisi fisik dan mental, data tentang kriminalitas ataupun data mengenai ras dan etnis seseorang.

Kami hanya akan memproses data sensitif Anda hanya jika diwajibkan oleh Undang-Undang dan hukum yang berlaku atau hanya jika Anda memintanya.

5. Bagaimana Rabobank memperlakukan data pribadi?

Data pribadi Anda akan disimpan dengan hati-hati dan tidak akan digunakan melebihi tujuan dari pemrosesan tersebut. Kami hanya dapat menggunakan data untuk tujuan lain jika tujuan tersebut berkaitan erat. Di Rabobank, data pribadi hanya akan digunakan oleh karyawan yang mendapatkan akses terhadap data tersebut untuk menjalankan pekerjaannya. Setiap karyawan memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan data pribadi Anda.

Rabobank dapat mengungkapkan data pribadi yang diberikan kepada setiap anggota dari Rabobank Indonesia sepanjang diperlukan untuk tujuan yang dianggap perlu, pantas dan layak oleh Rabobank. Data pribadi Anda dapat juga kami berikan kepada pihak ketiga yang terlibat dalam operasional atau penyediaan jasa untuk kami. Data pribadi Anda dapat juga, baik selama atau setelah pemrosesan, menjadi subyek investigasi oleh pihak yang berwenang di Indonesia. Rabobank Indonesia tunduk pada hukum dan peraturan termasuk peraturan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan, antara lain:

 

a. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 1/POJK.07/2013 tanggal 6 Agustus 2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan.

b. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 7/SEOJK.07/2015 tanggal 27 Februari 2015 tentang Pedoman Penilaian Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa di Sektor Jasa Keuangan.

c. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 14/SEOJK.07/2014 tanggal 20 Agustus 2014 tentang Kerahasiaan dan Keamanan Data dan/atau Informasi Pribadi Konsumen.

d. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 13/SEOJK.07/2014 tanggal 20 Agustus 2014 tentang Perjanjian Baku

e. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 12/SEOJK.07/2014 tanggal 24 Juli 2014 tentang Penyampaian Informasi Dalam Rangka Pemasaran Produk dan/atau Layanan Jasa Keuangan.

f. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 2/SEOJK.07/2014 tanggal 14 Februari 2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan.

6. Dapatkan setiap Nasabah melihat data pribadi yang diproses oleh

    Rabobank?

Anda dapat mengajukan permohonan untuk melihat pemrosesan data pribadi Anda kepada kami. Jika terdapat kesalahan terhadap data pribadi yang telah diproses atau terdapat kekurangan terhadap data yang Anda berikan, silahkan menghubungi Relationship Officer kami untuk memperbaiki, melengkapi atau menghapus data-data dimaksud.

7. Siapa pihak yang dapat dihubungi ketika terdapat pertanyaan atau

    keluhan?

Jika terdapat pertanyaan atau keluhan mengenai pemrosesan data pribadi Anda oleh Rabobank, silahkan menghubungi Rabo Access Center (1500080).

 


Kantor Pusat

Rabobank Indonesia
Noble House, 30th Floor
Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung (Lingkar Mega Kuningan) 
Kav. E 4.2 No.2 
Jakarta 12950- Indonesia

Tel:  +62 21 3002 1888

Fax: +62 21 3002 1999

Rabo Access Center:
1500080


Jam buka kantor cabang:
Senin - Jumat,
pukul 08.00 - 17.00

Anda juga bisa menggunakan Aplikasi Kontak Nasabah.